Saturday, July 25, 2009

Ikan Apakah Yang Dimakan Han Cia Sing?


Dalam Lung Hu Wu Lin dikisahkan Han Cia Sing pernah terperangkap di dalam sebuah gua selama berbulan-bulan. Setelah daging serigala habis dimakan, satu-satunya makanan yang ada hanyalah ikan gua yang berwarna putih dan tidak mempunyai mata. Meskipun rasanya tidak enak, tapi Han Cia Sing tetap terpaksa memakannya karena tidak ada pilihan lain.

Ikan yang dimakan oleh Han Cia Sing itu sekarang dikenal sebagai Ikan Gua Buta. Jenis ikan ini tersebar di hampir semua gua di belahan dunia bagian utara. Ukuran dewasanya dapat mencapai sekitar 15 cm dan betinanya biasanya lebih besar ukurannya daripada sang jantan. Rasa dagingnya hambar dan tidak enak karena memang bukan termasuk jenis ikan untuk konsumsi.

Baru-baru ini para ahli peneliti biologi di Amerika menemukan bahwa jenis Ikan Gua Buta ini dapat menumbuhkan mata bila dalam kepalanya ditanamkan lensa mata ikan lain. Penemuan ini sungguh mengejutkan karena kemampuan seperti ini tidak pernah ditemukan dalam semua jenis ikan dan hewan lainnya. Apakah tenaga dalam penyembuh Han Cia Sing juga bertambah karena memakan Ikan Gua Buta ini selama beberapa bulan ? Tidak ada yang tahu jawaban pastinya.

No comments:

Post a Comment