Saturday, July 25, 2009

Baju Wanita Dinasti Tang

Seperti apakah kira-kira baju para wanita di jaman dinasti Tang ? Kita mungkin telah terbiasa dengan gaya busana para pesilat di serial TV Hong Kong tahun 80-an yang mewah dan bergaya atau malah busana kotor dan kumuh ala film-film silat Hong Kong tahun 90-an. Sebenarnya gaya busana para wanita jaman dinasti-dinasti Cina ternyata amat berbeda dengan apa yang kita bayangkan selama ini.

Gambar di atas adalah merupakan cuplikan replika lukisan jaman dinasti Tang tahun 700 awal yang merekam peristiwa para gadis pembawa makanan pada sebuah pesta istana. Baju yang mereka kenakan terlihat longgar dan santai dengan belahan dada yang rendah. Rambut mereka kebanyakan disanggul tinggi dan memakai riasan muka. Sungguh benar-benar berbeda dengan apa yang selama ini disuguhkan oleh serial dan film silat dari Hong Kong. Mungkin gambaran pakaian wanita dinasti Cina malah lebih cocok dengan gaya berpakaian wanita dalam film kerajaan Eropa yang diproduksi oleh Hollywood, longgar dan berbelahan dada rendah !

1 comment:

  1. Kalau pakaian wanita bangsawan Dinasti Tang memang begitu. Jangan dikatakan bahwa pakaian dinasti Cina lebih cocok dengan gaya film kerajaan Eropa produksi Holywood.

    Setiap era bercirikan busana yang berbeda. Dinasti Tang ada pada masa Cina menjadi kosmopolitan. Orang-orang dari segala penjuru datang ke Cina. Hal ini tentu saja berdampak besar bagi Cina dimana terjadi perpaduan antara budaya Cina dan budaya-budaya lain termasuk dalam berpakaian. Dan jangan lupa bahwa pendiri Dinasti Tang berdarah campuran antara Han dan Turki.

    Kalau anda melihat busana bangsawan dinasti lain tentu akan berbeda. Jadi tolong jangan menilai seluruh dinasti Cina hanya dari dinasti Tang saja.

    ReplyDelete